Tuesday, January 27, 2009

Madu


Sejak awal sejarah manusia, Madu merupakan produk perlebahan yang paling populer yang dimanfaatkan manusia sebagi obat, makanan, perawatan kecantikan, bumbu penyedap bahkan sebagi balsam Mumi. Semua kitab suci yang diyakini umat manusia memuat keistimewaan madu baik dalam Al-Qur’an, Injil, Taurat dan juga dalam Weda dan Tripitaka.

“… Dari perut lebah itu keluarlah minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia…” (An Nahl 68-69)

Apakah madu murni itu? Madu murni adalah cairan nektar bunga yang dihisap oleh lebah madu kedalam kantong madu didalam tubuhnya. Nektar bunga yang telah dihisap diolah dalam tubuh lebah dengan dicampur enzim tertentu kemudian dikeluarkan kembali ketempat penyimpanan madu di sarang lebah.

Komposisi Madu murni Kandungan madu murni sangat beraneka ragam tergantung dari sumber nektar dimana lebah memperolehnya. Namun dari manapun nektarnya, madu murni merupakan sumber gizi yang sangat lengkap. Madu murni mengandung Vitamin-Mineral, Protein, Zat hidrat arang, Hormon, Antibiotik dan trace Elemen.Vitamin A,semua jenis vitamin B kompleks, beta caroten, Vitamin C,D,E dan K.Mineral dalam bentuk garam: Mg, S, Fe, Ca, Cl, K, Y, Na, Cu, dan Mn. Madu murni mengandung enzim aktif yang tidak dapat di produksi manusia. Enzim inilah unsur yang paling penting di dalam madu yang berfungsi sebagai kelangsungan reaksi kimia biologis dan sistem metabolisme di dalam tubuh. Enzim di dalam madu merupakan Enzim terbaik yang dapat kita peroleh dari semua makanan yang ada.

Manfaat Madu
  1. Meningkatkan stamina, vitalitas dan energi.
  2. Menyembuhkan luka baru, luka bakar.
  3. Sariawan.
  4. Sakit pada persendian
  5. Demam, menghangatkan badan.
  6. Sakit lambung.
  7. Batuk.
  8. Menghaluskan kulit. (Masker/lulur)
  9. Mengeringkan jerawat
  10. Tonikum
  11. Baik untuk bayi.
  12. Insomnia.
  13. Mempercepat penyembuhan.
Bagaimana cara memperoleh madu yang baik/murni? Berdasarkan survey pasar di Amerika Serikat diperoleh data bahwa hampir 80% madu yang ada di pasar negara tersebut palsu atau tidak murni. Hal ini juga tidak menutup kemungkin terjadi di Indonesia.

Tips membeli Madu murni:
  1. Belilah madu murni langsung dari peternakan lebah pada saat panen madu.
  2. Jika tidak mengetahui tempat peternakan lebah belilah madu murni kepada peternak lebah yang terpercaya ( diakui secara Nasional keberadaannya)
  3. Madu murni mempunyai aroma, warna dan rasa yang khas tergantung jenis nektar yang dihisap lebah.
  4. Tuang madu ke segelas air, madu murni langsung mengendap dan tidak bercampur dengan air, jadi air tetep jernih. Tips diatas tidak membuktikan 100% benar karena yang membedakan madu murni dan Palsu hanya dapat dibuktikan dengan uji laboratorium.

0 komentar:

Peluang Usaha Akhir 2018

Peluang Usaha Akhir 2018
Jamu Pegal Linu

Propolis

Royal Jelly

Bee Pollen

Bee Pollen

Madu

Propolis

Formula Bisnis

Paypal Bisnis

Informasi untuk Penggemar Tokek

Followers